TARAKAN, TAK SEKADAR PERSINGGAHAN

 DSCN1844copy

Tarakan. Namanya mungkin tak setenar Derawan. Tetapi, Tarakan ikut naik daun seiring dengan populernya Derawan sebagai salah satu tujuan wisata di Kalimantan. Ya, Tarakan di Kalimantan Utara—dan Berau di Kalimantan Timur—merupakan gerbang masuk Kepulauan Derawan. Tak hanya jadi tempat singgah, kota yang dikenal dengan sebutan Bumi Paguntaka ini juga punya tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

Memasuki gerbang Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB), saya merasa heran. Pasalnya, di tengah kota dengan suhu yang cukup panas, terdapat kawasan hutan yang cukup rindang. Malah, luasnya lebih dari 9 hektar.

KKMB terletak di Jalan Gajah Mada. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Tengkayu, tempat kapal-kapal menuju Kepulauan Derawan berada. Untuk berkunjung ke KKMB, kita cukup membayar Rp3,000.

DSCN1828copy

Tak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota, KKMB juga menjadi habitat salah satu satwa khas Kalimantan yang dilindungi, yakni Bekantan. Tak seperti di Pulau Kembang, Banjarmasin, keberadaan bekantan di KKMB ini sangat banyak. Konon jumlahnya mencapai 30 ekor. Tak hanya terbilang banyak, bekantan di KKMB tak malu menunjukkan rupanya kepada pengunjung. Dengan demikian, kita bisa melihatnya berinteraksi dari jarak dekat.

Islamic Center Baitul Izzah

Melihat Islamic Center Baitul Izzah, lagi-lagi saya merasa heran. Di kota ini, berdiri sebuah masjid megah. Ya, Masjid Baitul Izzah. Masjid ini terletak di Jalan Sesayap, Tarakan Timur, atau sekitar 5 km dari pusat kota. Tak hanya menjadi masjid terbesar di Tarakan, Masjid Baitul Izzah juga menjadi masjid terbesar di Kalimantan Utara.

DSCN1849copy

Dari jauh, bangunan ini terlihat sangat megah, terlebih bila dibandingkan dengan bangunan di sekililingnya yang lebih mirip tanah lapang. Sayang, kemegahannya tak seiring dengan ramainya jemaah. Saat berkunjung, saya nyaris tak melihat ada aktivitas yang umum terjadi di masjid, apalagi di sebuah islamic center. Saya malah mengira, masjid ini masih dalam tahap pembangunan sehingga belum bisa dipakai. Nyatanya, masjid ini diresmikan pada 2012, tetapi sudah mengalami banyak kerusakan. Dari kerusakan ringan seperti dinding yang retak, hingga kerusakan berat seperti dinding yang terbelah karena turunnya permukaan tanah, bisa kita temukan di tubuh masjid.

Tak hanya itu, tak adanya transportasi umum yang melewati kawasan masjid membuat masjid juga sepi dari wisatawan. Padahal, masjid ini juga menjadi ikon Kota Tarakan, lho!

Baloy Adat Tidung

Saat singgah di Tarakan, jangan lupa mampir ke Baloy Adat Tidung. Baloy Adat Tidung terletak di Jalan Yaki Bagu, Juwata, berkisar 1 km dari Bandara. Sejak dibangun pada tahun 2004, Baloy Adat Tidung difungsikan sebagai pusat kegiatan masyarakat Tidung, seperti musyawarah adat dan pementasan kesenian adat pada acara-acara tertentu.

20140527_144353copy

Meski demikian, Baloy Adat Tidung juga difungsikan sebagai tempat wisata. Tak heran, di sini terdapat toko suvenir untuk para pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Kalimantan. (NS/Mei/2014)

 

Sumber artikel:

https://sagarmathasnotes.wordpress.com/2015/07/27/tarakan-tak-sekadar-persinggahan/

Read 1638 times
Rate this item
(0 votes)
More in this category: JELAJAH AMANDIT DENGAN RAKIT »

Artikel Terbaru

Wisata Keliling Jogjakarta

Kombinasi yang unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradis

Read more
Gunung Rinjani

Keindahan Gunung Rinjani, kita akan dimanjakan dengan keind

Read more
Wisata Bromo

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang D

Read more
Thailand

Karena keindahan alamnya yang mempesona dan menawan hati sia

Read more
Malaysia

Tidak sedikit pula orang Indonesia yang berwisata ke Negara

Read more
Singapura

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata luar negeri, dapat men

Read more

Popular Artikel

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.   Harga Mulai dari

Malaysia

Tidak sedikit pula orang Indonesia yang berwisata ke Negara Malaysia. Alasan utamanya tentu saja karena Malaysia dekat dengan Indonesia. Selain itu, b

subscribe

Contact us

 Email        : kawanjalan(@)gmail.com

Twitter     : @kawan_jalan

Facebook  : https://www.facebook.com/infokawanjalan

Website    : http://kawanjalan.com

 

 

About us

Kawan Jalan merupakan perusahaan jasa, terutama untuk jasa perencanaan perjalanan, pelatihan, dan juga jasa event organizer.

Kami hadir untuk memberikan pelayanan bagi Anda, dengan pengalaman yang berkesan dan menyenangkan bagi hidup Anda.